Pengertian Umum Sistem Ekonomi Campuran

Informasi tentang sistem ekonomi campuran dengan point-point pembahasan seputar pengertian sistem ekonomi campuran, ciri-ciri ekonomi campuran, keuntungan/kelebihan/kebaikan dan kerugian/kelemahan/keburuhkan dari sistem ekonomi campuran. Pengertian sistem ekonomi campuran secara umum adalah sistem ekonomi yang berjalan dengan kerja sama antara pemerintah dan swasta dalam memecahkan masalah ekonomi .  Pengertian sistem ekonomi secara umum adalah suatu sistem ekonomi dengan keikutsertaan pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi masyarakat. Sistem ekonomi campuran merupakan sistem ekonomi yang dipakai oleh kebanyakan negara. Pemerintah tidak terlalu mencampur tangani dan tidak sampai menghapuskan sama sekali kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakuka pihak swasta yang berjalan menurut prinsip-prinsip kegiatan ekonomi dalam perekonomian pasar. Melalui campur tangan dan intervensi pemerintah mengharapkan agar kegiatan produksi nasional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 
Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan konsep antara sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi komando, dimana kelemahan-kelemahan dieliminasi pada sistem ekonomi campuran. Sehingga, jalannya sistem ekonomi ini tidak hanya bergantung pada peraturan satu pihak saja. Untuk memahami pengertian sistem ekonomi ini, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi pasar bebas.
Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi yang dijalankan dengan melibatkan pihak pemerintah untuk menentukan segala peraturan terkait kegiatan ekonomi. Dalam sistem ini, pihak pasar atau masyarakat tidak berhak untuk melakukan kegiatan ekonomi sesuai dengan kehendak mereka. Mereka harus mengikuti segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, termasuk untuk menentukan harga dan sebagainya.
Sedangkan sistem ekonomi bebas pasar merupakan sistem ekonomi yang dijalankan sepenuhnya oleh pihak pasar atau masyarakat. Dalam sistem ini, segala peraturan terkait kegiatan perekonomian sepenuhnya ditentukan oleh pihak masyarakat sebagai pelaku kegiatan ekonomi, sedangkan pemerintah tidak berhak ikut campur dalam mengurusi segala peraturan perekonomian. Dalam sistem ini, pelaku kegiatan ekonomi yang kuat akan semakin kaya, sedangkan yang lemah akan semakin terpuruk.
Kemudian, sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang berada di tengah tengah kedua sistem ekonomi tersebut. sistem ekonomi ini dijalankan dengan segala ketentuan yang ditetapkan oleh kedua belah pihak, yaitu pemerintah dan juga masyarakat pasar pelaku ekonomi.


Dengan demikian, dalam menjalankan sistem ekonomi ini tidak akan ada salah satu pihak yang lebih menguasai jalannya kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan perekonomian, keberadaan pasar bebas tidak akan benar benar menggeser pihak pihak yang lemah dan meningkatkan pihak yang kuat, mereka dapat berjalan beriringan dengan adanya pihak pemerintah yang turut serta menjaga dan mengawasi jalannya sistem ekonomi
Dari manakah perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat, hal ini dapat diketahui dengan melihat ciri-ciri sistem ekonomi campuran dan kelebihan dan kerugian sistem ekonomi campuran. Untuk dapat memahami secara lebih jelas terkait sistem ekonomi campuran, maka perhatikan beberapa ciri berikut:

    Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Campuran 
    Ciri-ciri sistem ekonomi campuran merupakan karakteristik dari sistem ekonomi campuran. Ciri-ciri sistem ekonomi campuran antara lain sebagai berikut.... 
    • Pemerintah aktif dalam kegiatan ekonomi
    • Rencana perekonomian ditetapkan oleh pemerintah yang berlaku kepada pihak swasta
    • Sumber-sumber daya vital dikuasai oleh pemerintah
    • Jenis dan jumlah barang diproduksi ditentukan oleh mekanisme pasar 
    • Swasta diberikan kebebasan dalam batas yang telah ditetapkan oleh pemerintah
    • Hak swasta diakui agar tidak mengganggu kepentingan umum. 
    • Timbulnya persaingan dengan kontrol langsung dari pemerintah. 
    • Campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar. 
    • Pemerintah menyusun perencanaan, peraturan dan penetapan kebijakan dibidang ekonomi 
    • Peran pemerintah dan peran swasta sama. 
    Kelebihan Sistem Ekonomi Campuran
    Beberapa kelebihan/keuntungan/kebaikan dari sistem ekonomi campuran antara lain sebagai berikut.. 
    • Hak individu diakui 
    • Penetapan harga dalam perekonomian lebih terkendali
    • Sektor ekonomi yang dikuasai pemerintah diarahkan untuk kepentingan masyarakat
    • Adanya kebebasan berusaha
    • Kestabilan ekonomi terjamin 
    • Pemerintah memperhatikan usaha sektor menengah dan kecil 
    Kelemahan Sistem Ekonomi Campuran
    Beberapa kelemahan/kekurangan/keburukan dari sistem ekonomi campuran antara lain sebagai berikut... 
    • Beban pemerintah lebih berat dari pada swasta
    • Pihak swasta kurang memaksimalkan keuntungannya
    Demikianlah artikel singkat tentang  pengertian umum Sistem Ekonomi Campuran semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. 

    0 Comments