Penyebab Timbulnya Rasa Takut


Rasa takut dapat dibagi menjadi tiga tingkat, tingkat satu adalah cerita yang ada di permukaan. Tingkat ketakutan yang pertama ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu ‘yang terjadi’ dan ‘yang memerlukan tindakan’.

Ketakutan Tingkat Satu

yang terjadi
yang memerlukan tindakan
Penuaan
Mengubah karir
Pensiun
Berbicara di depan umum
Meninggal
Mencari teman
Sakit
Membuat keputusan
Perubahan
Mengakui orang lain
dll
dll

Anda mungkin memiliki beberapa hal untuk ditambahkan di daftar tersebut. Anda tidak sendiri jika anda mengakui bahwa anda mengalami sebagian dari di atas atau semua yang di atas. Ada alasan akan hal itu.

Satu dari ciri rasa takut adalah ketakutan itu cenderung untuk melebar ke banyak area dari hidup kita. Contohnya, jika anda takut untuk mencari teman baru, berarti itu juga memberi alasan anda takut pergi ke pesta, berhubungan secara intim, melamar pekerjaan, dll.

Hal ini diperjelas dengan melihat lapisan kedua dari rasa takut, yang berbeda rasa dan berbeda bentuk dari tingkat satu. Ketakutan tingkat dua ini bukanlah berorientas pada situasi, tetapi meliputi ego kita sendiri.

Ketakutan tingkat dua

Ditolak
Ditipu
Kesuksesan
Tak berdaya
Kegagalan
Tidak disetujui
Rapuh
Penurunan penampilan
dll
dll

Ketakutan tingkat dua berhubungan dengan sesuatu yang ada di pikiran. Semua ini merefleksikan rasa terhadap diri anda sendiri dan kemampuan anda untuk menangani dunia ini. Hal ini menjelaskan mengapa rasa takutlah yang menguasai anda. Jika anda takut ditolak, rasa takut ini akan mempengaruhi hampir semua area kehidupan anda, teman, dan pekerjaan.

Penolakan adalah penolakan, dimanapun adanya. Jadi awalnya anda hanya melindungi diri anda sendiri dan sebagai hasilnya, anda membatasi diri anda sendiri. Anda mulai mematikan dan meniup semua dunia di sekitar anda. Lihat tingkat dua sekali lagi, dan anda akan melihat bagaimana satu dari ketakutan itu dapat mempengaruhi banyak aspek dari hidup anda secara besar.

Tingkat tiga mulai ke hal mendasar dari masalah ini: ketakutan terbesar dari semuanya, satu-satunya yang membuat anda berhenti. Apakah anda siap?

Ketakutan Tingkat Tiga

Aku tak dapat menerimanya

“itu saja? Itu yang paling penting?” mungkin anda bertanya. Saya tahu anda kecewa dan ingin sesuatu yang lebih dramatis dari itu. Tetapi kenyataannya:

Dasar dari setiap rasa takut yang anda rasakan hanyalah rasa takut
Bahwa anda tak dapat menerima apapun yang akan datang

Ketakutan tingkat satu diterjemahkan seperti berikut:
·        Aku tak dapat menerima penuaan
·        Aku tak dapat menerima kehilangan uang
·        Aku tak dapat menerima kehilangan pekerjaan
·        Aku tak dapat menerima membuat kesalahan

Ketakutan tingkat dua diterjemahkan seperti berikut:
·        Aku tidak dapat menerima kegagalan
·        Aku tidak dapat menerima ditolak
·        Aku tidak dapat menerima tanggung jawab kesuksesan

Ketakutan tingkat tiga secara sederhana:
·        aku tidak dapat menerimanya

Kebenarannya:
Jika anda tahu anda dapat menerima semua hal yang akan datang,
                                                    Apa yang akan anda takuti?    

Jawabannya: Tidak ada!

Anda tidak lagi mempunyai kendali apa yang dilakukan pasangan anda, apa yang dilakukan teman anda, apa yang dilakukan anak muda, atau apa yang dilakukan atasan anda. Anda tidak harus mengendalikan apa yang akan terjadi pada saat wawancara kerja, pada pekerjaan anda, pada karir baru anda, pada uang anda, atau apa yang terjadi pada pasar saham anda.

Yang harus anda lakukan untuk menghilangkan rasa takut adalah
Mengembangkan lebih banyak kepercayaan pada kemampuan anda
Untuk menerima apapun yang akan terjadi

Mulai saat ini, setiap kali anda merasa takut, ingatlah diri anda sendiri bahwa itu terjadi hanya karena anda tidak merasa cukup puas terhadap diri anda sendiri

0 Comments