Keajaiban Diri Kita



Kita lahir di dunia ini sudah menjadi sebuah pemenang, buktinya kita mengalahkan berjuta-juta sel sperma yang akan dibuahi oleh satu sel induk. Maka pantaskah kita mengeluh karena suatu kegagalan ? Kita lahir sudah membawa bibit potensi atau kemampuan yang pastinya setiap orang berbeda. Dalam menggali kemampuan yang kita miliki, banyak cara untuk mengetahuinya. Hanya saja kebanyakan orang tak pernah sadar akan hal semacam ini. Mereka tak pernah menyadari keunikan apa yang ada pada dirinya yang dapat dijelajahi dalam menempuh kesuksesan dalam hidupnya. Hal kecil yang bisa dibuat contoh adalah ‘Personal Brand’ yang ada pada diri kita.

Personal Branding adalah citra mengenai diri sendiri dengan cara membuat diri sendiri menjadi unik dan lebih baik dibanding semua pesaing. Keuntungan memiliki Personal Branding yang kuat adalah menciptakan identitas diri yang memudahkan orang-orang untuk mengingat siapa Anda, memosisikan Anda berada di atas dalam persaingan, dan membuat Anda unik dan lebih baik dibanding pesaing yang ada.

Personal Branding juga dapat diartikan sebagai persepsi yang tercipta dalam benak orang lain ketika mereka melihat atau mendengar nama Anda. Dalam kehidupan orang-orang sukses, ada masa dalam dalam kehidupan mereka menemukan seorang yang jauh lebih besar yang bukan orang sembarangan dan mempunyai kata ‘Hero’ dalam dirinya.

Ada pepatah yang berbunyi “seperti di atas begitu juga di bawah, seperti di luar begitu juga di dalam”. Maksudnya adalah seperti pohon. Kata ‘di atas’ merupakan tingginya pohon tersebut yang artinya reputasi kita, sedangkan kata ‘di bawah’ merupakan banyaknya akar yang artinya kekuatan. Kata ‘di luar’ artinya adalah semua yang dapat terlihat oleh orang lain, sedangkan kata ‘di dalam’ artinya adalah semua pekerjaan yang dilakukan.

Jika di jabarkan, kalimat tersebut mempunyai makna bahwa Personal Branding kita bisa tinggi karena terdapat kekuatan yang menopangnya. Kita mengetahui bahwa semakin tinggi pohon, semakin besar pula angin yang menerjangnya. Begitu pula disaat Personal Branding kita sudah mulai tinggi banyak pula orang-orang yang ingin mengalahkan Anda, namun jika Anda mempunyai kekuatan yang lebih, maka Anda bisa bertahan bahkan bisa berkembang.

Kekuatan yang menopang Personal Branding kita ada dua jenis, yaitu Personal Power dan Position Power. Personal Power merupakan kekuatan yang dimiliki karena semata-mata dari diri yang bersangkutan, seperti : kepribadian, kemauan, sikap, ambisi, keahlian, pengalaman, dsb. Position Power merupakan kekuatan yang dimiliki karena jenjang posisi seseorang dalam organisasinya, seperti : perusahaan, instansi, komunitas, lembaga, dsb.

Kedua kekuatan tersebut jelas terbentuk melalui pemikiran kita. Karena kita adalah hasil dari cara berfikir kita yang dipengaruhi oleh keadaan di lingkungan kita. Jadi yang perlu disiapkan hanya cara berfikir positif dalam segala keadaan. Percayalah bahwa Anda benar-benar unik atau berbeda dengan yang lainnya.

Siapa pun Anda, milikilah Personal Branding Anda !
Jika belum punya Personal Branding, maka sekaranglah saatnya Anda punya dan tentukan !

What do you have that they don’t ? find it, earn it, exploit it, and market it !
What you don’t have that others have ? admire it, learn it, practice it, and market it !

Personal Branding sifatnya bisa berubah, karena itu kita harus mempertahankan atau mengembangkan Personal Branding di setiap harinya supaya kesuksesan kita menjadi lebih mudah, cepat, tepat, dan lebih gemilang lagi.

Perbaiki kelemahan dan tingkatkan kekuatan. Memperbaiki kelemahan akan mengubah Anda dari orang di bawah rata-rata menjadi orang rata-rata. Meningkatkan kekuatan akan mengubah Anda dari orang rata-rata menjadi orang di atas rata-rata.

0 Comments