Definisi Fungsi

Definisi Fungsi - Fungsi adalah sekumpulan perintah operasi program yang dapat menerima argumen input dan dapat memberikan hasil output yang dapat berupa nilai ataupun sebuah hasil operasi. nama fungi yang didefinisikan sendiri oleh pemrogram tidak boleh sama dengan nama build-in function pada compiler  C++. Fungsi digunakan agar pemrogram dapat menghindari penulisan bagian program (kode) berulang-ulang, dapat menyusun kode program agar terlihat lebih rapi dan kemudahan dalam debugging program.


Tujuan penggunaan fungsi :
  • Program menjadi terstruktur, sehingga mudah di pahami dan mudah di kembangkan dengan memisahkan langkah-langkah detail ke satu atau lebih fungsi-funsi, maka fungsi utama menjadi lebih pendek, jelas dan mudah di mengerti
  • Dapat mengurangi pengulangan kode program, langkah-langkah program yang sama dan dipakai berulang-ulang di program dapat di tuliskan sekali saja secara terpisah dalam bentuk fungsi-fungsi. selanjutnya bagian program yang membutuhkan langkah-langkah ini tidak perlu selalu menuliskanya tetapi cukup memanggil funsi-funsi tersebut.
 Fungsi dapat diimplementasikan dalam tiga bentuk : 
  • Pendeklarasian fungsi sebagai prototype fungsi.
  • Pendefinisian fungsi.
  • Pemanggilan fungsi dari program lain.
Referensi
http://jamilah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21766/FUNGSI+BHSC-M10.doc
http://lecturer.poliupg.ac.id/~ahyar/pemrograman/praktek/prak12.pdf

0 Comments